Data Anda Terhapus ? Ini Dia Cara Mengembalikannya !

0

Jika Anda telah menghapus data dari komputer Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mencoba mengembalikan data tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada jaminan bahwa semua data yang terhapus dapat dipulihkan. Berikut ini beberapa metode yang dapat Anda coba:

  1. Cek Tempat Sampah (Recycle Bin): Pertama-tama, periksa Recycle Bin di desktop komputer Anda. Jika file yang dihapus belum dihapus secara permanen, Anda mungkin dapat mengembalikannya dengan mengklik kanan file tersebut dan memilih opsi “Restore” atau “Kembalikan”.
  2. Gunakan Fitur Pemulihan Sistem (Windows): Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat mencoba menggunakan fitur Pemulihan Sistem. Cari “System Restore” di menu Start atau di Control Panel untuk mengaksesnya. Pilih titik pemulihan sebelum file tersebut dihapus dan ikuti petunjuk untuk memulihkan sistem ke titik tersebut. Namun, perlu diingat bahwa metode ini mengembalikan seluruh sistem ke keadaan sebelumnya, dan mungkin tidak cocok jika Anda hanya ingin mengembalikan beberapa file yang terhapus.
  3. Gunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data: Ada banyak perangkat lunak pemulihan data yang tersedia secara komersial yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Beberapa contoh perangkat lunak yang umum digunakan adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan MiniTool Power Data Recovery. Unduh dan instal salah satu perangkat lunak ini, lalu ikuti petunjuknya untuk melakukan pemindaian dan mencoba mengembalikan data yang hilang. Penting untuk diingat bahwa semakin cepat Anda menggunakan perangkat lunak ini setelah penghapusan, semakin besar peluang untuk mengembalikan data.
  4. Gunakan Layanan Pemulihan Data Profesional: Jika metode di atas tidak berhasil atau jika Anda merasa tidak nyaman melakukannya sendiri, Anda dapat mencari layanan pemulihan data profesional. Ada perusahaan yang khusus dalam pemulihan data yang dapat memberikan bantuan dalam situasi yang lebih kompleks. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini biasanya memiliki biaya yang tinggi.

Penting untuk diingat bahwa setiap langkah yang Anda ambil untuk mencoba mengembalikan data harus dilakukan segera setelah file tersebut dihapus. Hindari menginstal atau menyimpan file baru pada komputer yang sama di mana data hilang, karena hal tersebut dapat menggantikan data yang ingin Anda pulihkan dan mengurangi kemungkinan pemulihan yang berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *