13 April 2024

Mau Beli Kamera ? Ini Dia Perbedaan Kamera DSLR dan MirrorLess

0

Perbedaan utama antara kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) dan kamera mirrorless terletak pada desain dan cara kerja mereka. Berikut adalah beberapa perbedaan antara kamera DSLR dan mirrorless:

  1. Mekanisme Penyusunan Gambar:
    • DSLR: Kamera DSLR menggunakan cermin dan prisma di dalam bodi kamera untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder (pembidik optik) sehingga fotografer dapat melihat gambar yang sebenarnya sebelum mengambil foto. Ketika tombol rana ditekan, cermin akan naik untuk memungkinkan cahaya masuk ke sensor gambar.
    • Mirrorless: Kamera mirrorless tidak menggunakan cermin atau prisma. Cahaya langsung melewati lensa dan masuk ke sensor gambar. Gambar yang ditampilkan pada viewfinder elektronik (EVF) atau layar LCD adalah gambar digital yang dihasilkan oleh sensor.
  2. Ukuran dan Bobot:
    • DSLR: Kamera DSLR umumnya lebih besar, lebih berat, dan lebih berdimensi karena desain internal dengan cermin dan prisma. Mereka memiliki bodi yang kokoh dan fitur-fitur fisik yang lebih besar seperti grip yang nyaman dan tombol kontrol yang mudah dijangkau.
    • Mirrorless: Kamera mirrorless lebih kecil, lebih ringan, dan lebih kompak karena tidak memerlukan cermin dan prisma. Mereka umumnya lebih portabel dan mudah dibawa-bawa.
  3. Fungsi Autofokus:
    • DSLR: DSLR menggunakan sistem autofokus fase deteksi yang terintegrasi dengan modul autofokus khusus di dalam bodi kamera. Ini memungkinkan fokus yang cepat dan akurat, terutama dalam kondisi cahaya yang baik atau saat memotret objek yang bergerak.
    • Mirrorless: Kamera mirrorless menggunakan sistem autofokus deteksi kontras yang berbasis sensor. Beberapa kamera mirrorless juga memiliki teknologi hybrid autofocus yang menggabungkan fase deteksi dan deteksi kontras untuk fokus yang lebih cepat dan akurat.
  4. Viewfinder:
    • DSLR: DSLR memiliki viewfinder optik yang menampilkan gambar sebenarnya langsung dari lensa. Ini memberikan pandangan langsung dan alami dari subjek yang sedang difoto.
    • Mirrorless: Mirrorless dapat memiliki dua jenis viewfinder, yaitu viewfinder elektronik (EVF) atau layar LCD. EVF menampilkan gambar digital secara real-time yang dihasilkan dari sensor, sedangkan layar LCD menampilkan gambar yang sama seperti yang akan direkam.
  5. Video:
    • DSLR: DSLR umumnya memiliki kemampuan merekam video yang baik, tetapi beberapa model mungkin memiliki batasan dalam hal fitur dan kualitas video yang ditawarkan.
    • Mirrorless: Kamera mirrorless sering kali menawarkan fitur video yang lebih canggih, seperti kemampuan merekam video resolusi tinggi, kontrol manual yang lebih fleksibel, dan fungsionalitas video yang lebih baik secara keseluruhan.
  6. Baterai:
    • DSLR: DSLR biasanya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama karena tidak perlu menggerakkan komponen elektronik seperti EVF secara terus-menerus.
    • Mirrorless: Kamera mirrorless cenderung menggunakan daya baterai lebih cepat karena harus memberikan daya pada sensor dan EVF secara terus-menerus.

Setiap jenis kamera memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan antara DSLR dan mn gambar yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *